BAHASA INDONESIA
1. Unsur
artistik teater meliputi :
a. Tata
panggung b. Tata busana
dan tata rias
c. Tata cahaya d.
Tata suara dan tata musik
e. Semuanya
benar
2. Pengaturan
pemandangan di panggung selama pementasan berlangsung dan tujuannya tidak sekedar supaya permainan bisa
dilihat penonton tetapi juga menghidupkan
pemeranan dan suasana panggung
adalah tujuan dari :
a. Tata panggung b.
Tata busana c. Tata cahaya
d.
Tata suara e. Tata musik
3. Amanat-amanat dalam suatu cerita (naskah lakon) yang dipertunjukkan
disebut :
a. Nilai jual b. Nilai pendidikan c. Nilai religius
d. Nilai moral e.
Nilai estetika
4. Dalam melakukan olah tubuh ada beberapa bentuk yang
dapat dilakukan, yaitu; kecuali :
a. Senam
dan latihan tari b. latihan konsentrasi c.
latihan silat
d.
latihan renang e. Betul semua
5. Seorang
pemain teater tubuh merupakan bahasa yang :
a. Inti b. Utama c. Selingan d. Dialog e.
Ringan
6. Dengan
menggerakkan seluruh tubuh secara teratur akan memudahkan kita memainkan tubuh
kita dengan baik sesuai .......... yang akan diperankan :
a. Casting b. Aktor c.
Peran d. Tokoh e. Kebutuhan
7. Agar tubuh
kuat, lentur dan menarik dalam mengekspresikan diri diperlukan beberapa tehnik
diantaranya, kecuali :
a. Latihan tari b. Latihan
renang c. Latihan Silat
d.
Latihan Pernafasan e. Semadi
8. seorang
pemeran akan mengenal gerak berirama mangatur waktu yaitu dengan melakukan
latihan :
a. Latihan tari b.
Latihan renang c.
Latihan Silat
d.
Latihan Pernafasan e.
Semadi
9. Pemeran akan
mengenal diri, percaya diri, kekuatan dan kelenturan akan didapatkan yaitu dengan melakukan
latihan :
a. Latihan tari b. Latihan renang c. Latihan Silat
d. Latihan Pernafasan e. Semadi
10. Seorang
pemain hendaknya intelegen, cerdik, cendikia, dan tangkas. Itu bisa dimiliki
apabila terlatih dalam menggunakan akal. Akal adalah tenaga ............. yang
paling tinggi :
a. Utama b. Ringan c. Dalam d.
Rohani e. Jasmani
11. Latihan
membaca situasi dan olah raga merupakan dua hal yang mendasar dalam olah
.......
a. Tubuh b. Vokal c. Pikir/sukma d. Raga e.
Rasa
12. Latihan olah
sukma meliputi kegiatan-kegiatan yang
mengasah kepekaan pancaindera, diantaranya, kecuali :
a. Pendengaran b. Penciuman c. Peraba
d.
Penglihatan e. Pengucapan
13. Tindakan
kr:eatif berupa pengandaian dari tiada menjadi seperti ada disebut :
a. Melamun b. Mengkhayal c. Imajinasi d.
Berpikir
e. Merenung
14. Gerak raga
seperti melangkah, bloking (komposisi atau perpindahan pemain di pentas)
disebut gerak :
a. Kecil b. Menengah c. Besar d.
Sedang
e. Tinggi
15. Aktor harus
mampu melakukan akting dan memiliki karakter yang berbeda dalam setiap
perannya. Hal tersebut dapat dicapai jika pada setiap kesempatan mendapatkan
peran dan ia meninjau nilai kemanusiaan
tokoh yang akan diperankannya. Tinjauan nilai kemanusiaan ini
sekurang-kurangnya dilihat dari 4 aspek yaitu, kecuali :
a.
Historis b. Sosiologis c. psikologis d.filosofis e. Kronologis
16. Adapun
ukuran bagus jeleknya suara vokal terletak pada kuat tidaknya serta jelas
tidaknya suara itu diproduksi lewat :
a. Mulut b.
Bibir c.
Gigi d. Pita suara
e. Hidung
17. secara
harfiah drama berasal dari bahasa :
a. yunani b.
Sanksekerta c.
Jepang d. Inggris
e. indonesia
18. Mas
Abu : Hasilnya? Pasukan musuh itu mampus semuanya, dan
senjata-
senjatanya kami rampas semuanya. Ah ... kalau aku terkenang lagi
kepada pertempuran-pertempuran seperti itu, kadang-kadang aku ingin
kembali ke zaman perang revolusi itu. Sungguh mati Saudara-saudara,
bukan sombong.
Samsu : (Sambil Makan Kroket)
Ya, ya, aku bisa mengerti, sebab aku pun begitu juga.
Sumantri : (Sambil Mengudek Kopi Susunya)
Saudara di mana ketika itu?
Samsu : Saya? Saya ketika itu berada di lereng Gunung Galunggung. Saya
senjatanya kami rampas semuanya. Ah ... kalau aku terkenang lagi
kepada pertempuran-pertempuran seperti itu, kadang-kadang aku ingin
kembali ke zaman perang revolusi itu. Sungguh mati Saudara-saudara,
bukan sombong.
Samsu : (Sambil Makan Kroket)
Ya, ya, aku bisa mengerti, sebab aku pun begitu juga.
Sumantri : (Sambil Mengudek Kopi Susunya)
Saudara di mana ketika itu?
Samsu : Saya? Saya ketika itu berada di lereng Gunung Galunggung. Saya
pun memimpin
satu pasukan.
Inti penggalan naskah drama di atas adalah …
a.
Seorang pejuang yang terkenang pada saat perang revolusi.
b.
seorang pejuang yang berhasil menghabisi lawanya saat
perang revolusi.
c.
Seorang pemimpin pasukan yang mempimpin perang pada
saat perang revolusi.
d.
Seorang pejuang yang meragukan kepemimpinan pejuang
lainnya pada saat perang revolusi.
e.
Seorang pejuang yang memahami keberadaan pejuang
lainnya pada saat perang revolusi.
19. (1) Teman-teman Fajar bersorak
gembira. (2) Daffa terkulai lemas karena layang-layangnya putus. (3) Senja pun
tiba. (4) Ketika terdengar suara adzan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk
pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan Fajar atas Daffa semakin menambah
keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Fajar memang sakti. (6)
Fajar menjadi semakin tinggi hati.
Watak tokoh Fajar dalam kutipan
tersebut adalah ....
A. periang C. congkak B. santun D. Ramah e. Ramah
A. periang C. congkak B. santun D. Ramah e. Ramah
20. Lenong merupakan teater rakyat daerah....
A.Sumenep B. Surabaya C. Sunda D.
Betawi
E. Minangkabau
21. dibawah ini merupakan
unsur instrinsik drama , kecuali ...
A. Alur B. Amanat C. Gaya bahasa D.
Psikologi
E. Latar
22. drama
yang dipentaskan dengan sama sekali tidak menggunakan pengucapan kata (drama
bisu), tetapi hanya menggunakan sikap dan gerak serta diiringi musik , disebut ...
A. Drama
kreatif B. Drama opera C.
Drama tablo D.Drama pantonim E. Sandiwara boneka
23. Teater Mamanda dan Bapandung berasal dari daerah
...
A.
kalimantan selatan B. Kalimantan Barat C. Sumatra barat
D. Sumatra utara E. Bali
24. Berikut ini merupakan fungsi teater daerah , kecuali ...
A. Sebagai alat pendidakan
B.
Sebagai alat
kesetiakawanan sosial.
C. Sebagai sarana
untuk menyampaikan kritik sosial.
D.
Wadah
pengembangan ajaran sesat.
E.
` sebagai sarana hiburan
25.
Buku “mengenal teater indonesia” yang di
terbitkan pada tahun 2006 di tulis oleh ...
A. Kasim Achmad
B. Chairil Anwar
C. Iwan fals
D. Sapardi joko darmono
E. Supardi
26.
Bentuk sastra drama yang pertamakali menggunakan bahasa Indonesia dan disusun
dengan model dialog antar tokoh dan berbentuk sajak adalah Bebasari (artinya
kebebasan yang sesungguhnya atau inti kebebasan) karya ...
A.
Kasim achmad
B.
Rustam Efendi
C.
Sanusi Pane
D.
super junior
E.
SNSD
27.
keadaan fisik dalam penggambaran watak tokoh dalam sebuah cerita drama biasannya
digambarkan melalui ...
A.
Watak B. Mental C. Jabatan D. Raut muka
E.
Agama
28.
Konflik yang terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri disebut konflik ...
A. Eksternal B. Internal C. Insternal d. Konfrensional
A. Eksternal B. Internal C. Insternal d. Konfrensional
E.
Internasional
29.
Sastra drama di Indonesia ditulis pada awal abad 19, tepatnya pada tahun ...
oleh seorang peranakan Belanda bernama F. Wiggers
A.
1901 B.
1902 C. 1903 D. 1904
E.
1905
30.
Fungsi teater
tradisional adalah
...
a. Sebagai alat
pendidakan (topeng jantu dari Jakarta untuk nasehat perawinan/rumah tangga)
b.
Sebagai alat
kesetiakawanan sosial.
c. Sebagai sarana
untuk menyampaikan kritik sosial.
d.
Alat melarikan
diri sementara dari dunia nyata yang membosanakan.
e. Semua benar
0 komentar:
Posting Komentar