Kamis, 10 September 2015

Soal Bahasa Indonesia dan jawabannya



 BAHASA INDONESIA 

1.  Unsur artistik teater meliputi :  
a.    Tata panggung                  b. Tata busana dan tata rias
c.   Tata cahaya                       d. Tata suara dan  tata musik            
e.  Semuanya benar

2. Pengaturan pemandangan di panggung selama pementasan berlangsung dan  tujuannya tidak sekedar supaya permainan bisa dilihat penonton tetapi juga menghidupkan  pemeranan dan suasana  panggung adalah tujuan dari :
a.    Tata panggung               b. Tata busana             c. Tata cahaya
d.   Tata suara                                     e. Tata musik 

3.  Amanat-amanat dalam suatu cerita (naskah lakon) yang dipertunjukkan disebut  :
a.    Nilai jual                          b. Nilai pendidikan                c. Nilai religius         
d.  Nilai moral                     e. Nilai estetika

4.  Dalam  melakukan olah tubuh ada beberapa bentuk yang dapat dilakukan, yaitu; kecuali :
a.    Senam dan  latihan tari   b. latihan konsentrasi            c. latihan silat            
d.  latihan renang                               e. Betul semua

5. Seorang pemain teater tubuh merupakan bahasa yang :
a.    Inti            b. Utama        c. Selingan      d. Dialog         e. Ringan

6. Dengan menggerakkan seluruh tubuh secara teratur akan memudahkan kita memainkan tubuh kita  dengan baik  sesuai .......... yang akan diperankan :
a.    Casting     b. Aktor          c. Peran          d. Tokoh         e. Kebutuhan

7. Agar tubuh kuat, lentur dan menarik dalam mengekspresikan diri diperlukan beberapa tehnik diantaranya, kecuali :
a.    Latihan tari                                  b. Latihan renang                   c. Latihan Silat
d.   Latihan Pernafasan                   e. Semadi


8. seorang pemeran akan mengenal gerak berirama mangatur waktu yaitu dengan melakukan latihan :
a.    Latihan tari                   b. Latihan renang                   c. Latihan Silat
d.   Latihan Pernafasan          e. Semadi

9. Pemeran akan mengenal diri,  percaya diri,  kekuatan dan kelenturan  akan didapatkan yaitu dengan melakukan latihan :
a.    Latihan tari                      b. Latihan renang                   c. Latihan Silat
d.   Latihan Pernafasan          e. Semadi

10. Seorang pemain hendaknya intelegen, cerdik, cendikia, dan tangkas. Itu bisa dimiliki apabila terlatih dalam menggunakan akal. Akal adalah tenaga ............. yang paling tinggi :
a.    Utama                  b. Ringan        c. Dalam         d. Rohani       e. Jasmani

11. Latihan membaca situasi dan olah raga merupakan dua hal yang mendasar dalam olah .......
a.    Tubuh                   b. Vokal          c. Pikir/sukma         d. Raga            e. Rasa

12. Latihan olah sukma  meliputi kegiatan-kegiatan yang mengasah kepekaan pancaindera, diantaranya, kecuali :
a.    Pendengaran        b. Penciuman c. Peraba        
d.  Penglihatan           e. Pengucapan

13. Tindakan kr:eatif berupa pengandaian dari tiada menjadi seperti ada disebut :
a.    Melamun             b. Mengkhayal                        c. Imajinasi               d. Berpikir     
e.    Merenung

14. Gerak raga seperti melangkah, bloking (komposisi atau perpindahan pemain di pentas) disebut gerak :
a.    Kecil                    b. Menengah               c. Besar                     d. Sedang       
e. Tinggi

15. Aktor harus mampu melakukan akting dan memiliki karakter yang berbeda dalam setiap perannya. Hal tersebut dapat dicapai jika pada setiap kesempatan mendapatkan peran dan ia meninjau  nilai kemanusiaan tokoh yang akan diperankannya. Tinjauan nilai kemanusiaan ini sekurang-kurangnya dilihat dari 4 aspek yaitu, kecuali :
a.      Historis             b. Sosiologis                         c. psikologis             d.filosofis           e. Kronologis

16. Adapun ukuran bagus jeleknya suara vokal terletak pada kuat tidaknya serta jelas tidaknya suara itu diproduksi lewat :
a.    Mulut                  b. Bibir                                   c. Gigi                         d. Pita suara   
e. Hidung

17. secara harfiah drama berasal dari bahasa :
a. yunani                    b. Sanksekerta                        c. Jepang                     d. Inggris
e. indonesia

18.  Mas Abu   :  Hasilnya? Pasukan musuh itu mampus semuanya, dan senjata-
                        senjatanya kami rampas semuanya. Ah ... kalau aku terkenang lagi
                        kepada pertempuran-pertempuran seperti itu, kadang-kadang aku ingin
                        kembali ke zaman perang revolusi itu. Sungguh mati Saudara-saudara,
                        bukan sombong.
Samsu             : (Sambil Makan Kroket)
                        Ya, ya, aku bisa mengerti, sebab aku pun begitu juga.
Sumantri         : (Sambil Mengudek Kopi Susunya)
                        Saudara di mana ketika itu?
Samsu             : Saya? Saya ketika itu berada di lereng Gunung Galunggung. Saya
   pun  memimpin satu pasukan.

 Inti penggalan naskah drama di atas adalah …

      a.       Seorang pejuang yang terkenang pada saat perang revolusi.
b.        seorang pejuang yang berhasil menghabisi lawanya saat perang revolusi.
c.        Seorang pemimpin pasukan yang mempimpin perang pada saat perang revolusi.
d.        Seorang pejuang yang meragukan kepemimpinan pejuang lainnya pada saat perang revolusi.
e.        Seorang pejuang yang memahami keberadaan pejuang lainnya pada saat perang revolusi.

19. (1) Teman-teman Fajar bersorak gembira. (2) Daffa terkulai lemas karena layang-layangnya putus. (3) Senja pun tiba. (4) Ketika terdengar suara adzan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan Fajar atas Daffa semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Fajar memang sakti. (6) Fajar menjadi semakin tinggi hati.
Watak tokoh Fajar dalam kutipan tersebut adalah ....
A. periang                   C. congkak                B. santun         D. Ramah        e. Ramah

20. Lenong merupakan teater rakyat  daerah....
A.Sumenep         B. Surabaya                  C. Sunda               D. Betawi                             
E. Minangkabau
21. dibawah ini merupakan unsur instrinsik drama , kecuali ...
A. Alur            B. Amanat       C. Gaya bahasa                       D. Psikologi                        
E. Latar
22. drama yang dipentaskan dengan sama sekali tidak menggunakan pengucapan kata (drama bisu), tetapi hanya menggunakan sikap dan gerak serta diiringi musik , disebut ...
A. Drama kreatif                    B. Drama opera                                  C.   Drama tablo             D.Drama pantonim           E. Sandiwara boneka
23. Teater Mamanda dan Bapandung berasal dari daerah ...
A. kalimantan selatan          B. Kalimantan Barat             C. Sumatra barat         
D. Sumatra utara                    E. Bali
24. Berikut ini merupakan fungsi teater daerah , kecuali ...
A.     Sebagai alat pendidakan
B.     Sebagai alat kesetiakawanan sosial.
C.     Sebagai sarana untuk menyampaikan kritik sosial.
D.    Wadah pengembangan ajaran sesat.
E. `  sebagai sarana hiburan

      25. Buku “mengenal teater indonesia”  yang di terbitkan pada tahun 2006 di tulis oleh ...
      A. Kasim Achmad
      B.  Chairil Anwar
      C.  Iwan fals
      D.  Sapardi joko darmono
      E.  Supardi

      26. Bentuk sastra drama yang pertamakali menggunakan bahasa Indonesia dan disusun dengan model dialog antar tokoh dan berbentuk sajak adalah Bebasari (artinya kebebasan yang sesungguhnya atau inti kebebasan) karya ...
      A. Kasim achmad
      B. Rustam Efendi
      C. Sanusi Pane
D. super junior
E. SNSD

27. keadaan fisik dalam penggambaran watak tokoh dalam sebuah cerita drama biasannya digambarkan melalui ...
A. Watak                     B. Mental                   C. Jabatan                   D. Raut muka
E. Agama

28. Konflik yang terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri disebut konflik ...
A. Eksternal               B. Internal                C. Insternal                 d. Konfrensional
E. Internasional

29. Sastra drama di Indonesia ditulis pada awal abad 19, tepatnya pada tahun ... oleh seorang peranakan Belanda bernama F. Wiggers
A. 1901                      B. 1902                      C. 1903                      D. 1904
E. 1905

30. Fungsi teater tradisional adalah ...
a.      Sebagai alat pendidakan (topeng jantu dari Jakarta untuk nasehat perawinan/rumah tangga)
b.      Sebagai alat kesetiakawanan sosial.
c.      Sebagai sarana untuk menyampaikan kritik sosial.
d.      Alat melarikan diri sementara dari dunia nyata  yang membosanakan.
e.      Semua benar

0 komentar:

Posting Komentar